Pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja

Sebagian besar ekonomi saat ini setuju bahwa kewirausahaan adalah bahan yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja di semua masyarakat. Di negara berkembang, usaha kecil yang sukses adalah mesin utama penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan pendapatan, dan pengurangan kemiskinan. Oleh karena itu, dukungan pemerintah untuk kewirausahaan merupakan strategi penting bagi pembangunan ekonomi.

Globalisasi Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi

Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh muslimpreneur saat ini, terlebih dengan semakin terbuka sistem perekonomian dunia termasuk Indonesia dan Negara-negara Asia. yaitu globalisasi dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan iklim usaha semakin menantang, kompetitif, dan membutuhkan strategi-strategi jitu untuk memenangkan pasar.

Pesatnya penggunaan internet sebagai media komunikasi maupun transaksi yang dilakukan di berbagai level bisnis, corporate, manufaktur, usaha kecil dan menengah (UKM), finansial maupun institusi non-finansial, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Kondisi ini menuntut para pelaku usaha khususnya muslimpreneur untuk mengambil keputusan secara lebih bijak dalam menghadapi kondisi  tersebut.

Mari tingkat Usaha Kecil Menengah (UKM)

Di sisi lain, merujuk kepada masih minimnya peran serta umat Islam secara khusus dalam meramaikan kegiatan kewirausahaan di tingkat Usaha Kecil Menengah (UKM) dan besar, menjadi tantangan bagi umat Islam secara khusus dan bagi pemerintah untuk bisa mengeluarkan kebijakan dan program-program yang dapat menumbuhkan iklim usaha dan pertumbuhan jumlah entrepreneur yang signifakan sebagaimana yang ditargetkan pemerintah di atas angka 2 persen. Terutama pertumbuhan jumlah muslimpreneur secara kualitatif maupun kuantitatif.