Pedoman Dalam Kepercayaan Dalam Entrepreneur

Nilai-nilai religi dalam penghayatan iman merupakan suatu pedoman dalam kepercayaan yang di miliki oleh setiap manusia. Dan entrepreneur adalah seorang yang memiliki kemampuan dan perilaku sebagai pengusaha. Dalam penelitian ini ingin mengetahui ada atau tidaknya keterkaitan atau hubungan antara nilai-nilai religi dalam penghayatan  iman dengan ciri – ciri entrepreneurship.

Ciri-ciri Entrepreneur

Ciri-ciri entrepreneurship tersebut yakni memiliki kepercayaan diri, berorientasi pada tugas hasil, pengambilan risiko, kepemimpinan, dan berorientasi ke masa depan. Dan nilai-nilai religi yang ditilik dari penghayatan iman dalam kehidupan nyata, yakni dapat dengan mencintai dengan tulus, menahan dan mengendalikan diri, rendah hati dan mengampuni, setia pada kebenaran dan berlaku arif dan bijaksana.

Penelitian yang dilakukan mencakupi 50 responden untuk mewakili jumlah populasi entrepreneur yang sangat banyak yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Dan untuk mengetahui ada atau tidaknya keterkaitan atau hubungan nilai-nilai religi dalam penghayatan iman dengan ciri-ciri Entrepreneurship pada entrepreneur, penulis menganalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson untuk mengetahui adanya hubungan yang sangat kuat, kuat, sedang, lemah dan sangat lemah. Setelah melakukan penelitian, hasil yang didapat bahwa keterkaitan antara nilai-nilai religi dalam penghayatan iman dengan ciri-ciri entrepreneurship memiliki hubungan yang sedang atau cukup erat, meskipun dari lima ciri- ciri entrepreneurship terdapat dua ciri-ciri entrepreneurhip yang memiliki hubungan yang rendah.