Ayo bangkitkan Pengusaha Muslim di Indonesia!!!

Salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu bangsa dapat dilihat dari pertumbuhan wirausaha pada tiap Negara. Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia menyatakan bahwa jumlah entrepreneur di Indonesia idealnya 2 persen dari populasi sehingga pertumbuhan ekonomi dapat melaju lebih cepat.

Entrepreneur merupakan agen perubahan ekonomi yang strategis sehingga Indonesia dapat berubah dari Negara berpendapatan menengah ke bawah (lower middle country) menjadi Negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income country).

Kelompok kewirausahaan dikenal sebagai modal manusia (human capital) yang memiliki peranan  dalam memajukan perekonomian. Kemajuan bangsa Jepang dan Cina misalnya dimotori oleh wirausawaan. Berdasarkan data statistik tahun 2014 jumlah wirausahawan di Indonesia masih di bawah  2 persen atau sekitar 1.65 persen dari populasi, jauh tertinggal bila dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara-negara lain, seperti di Malaysia, Singapura dan Thailand yang sudah di atas 4 persen.

Negara-negara yang termasuk  dalam  kategori lower middle country cenderung lebih banyak didominasi oleh wirausaha dalam berbagai bentuknya, yang populer dikenal dengan Small Medium Enterprises (SMEs). SMEs di Indonesia familiar  dengan  istilah  Usaha  Kecil  dan  Menengah (UKM).