Karakteristik Entrepreneur

Kegiatan entrepreneurship memerlukan skill dan kompetensi entrepreneur. Kompetensi perlu dimiliki oleh wirausahawan seperti halny profesi lain, kompetensi ini mendukungnya kearah kesuksesan. Ada 9 kompetensi yang harus dimiliki, yaitu: manajemen waktu, komunikasi, manajemen  sumber  daya  manusia,  manajemen    pemasara etika bisnis anggung jawab sosial,kepemimpinan, pengambilan keputusan, manajemen keuangan.

Kemampuan seseorang dalam menjalankan kegiatan usaha akan sangat ditentukan oleh karakteristik. Sedangkan, karakteristik adalah sifat atau tingkah laku yang khas dari wirausahawan yang membedakannya dengan orang lain.  Berikut merupakan karakteristik wirausaha oleh beberapa ahli :

Menurut Bygrave karakteristik dibedakan menjadi 10, yaitu :

Dream,yaitu visi dan keinginan masa depan untuk mewujudkan impian. 2) Decisiviness, yaitu membuat keputusan secara tepat, tidak lambat dan ditunda-tunda. 3) Doers,yaitu langsung menindaklanjuti keputusan yang telah diambilnya. 4) Determination,yaitu melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian, tanggung jawab, dan tidak mau menyerah. 5) Dedication,yaitu berdedikasi tinggi terhadap bisnisnya, rela berkorban. 6) Devotion,yaitu tidak mengenal lelah, semua perhatian hanya tercurah hanya  untuk kepada bisnisnya. 7) Details, harus memperhatikan faktor-faktor kritis secara rinci sampai ke hal yang    terkecil.

8) Destiny, yaitu bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai. 9) Dollars, yaitu tidak mengutamakan mencapai kekayaan. Motivasinya tidak hanya uang, tetapi kesuksesan. 10) Distribute, yaitu mampu mendistribusikan atau membagi kepemilikan bisnisnya kepada orang lain.

Menurut Kasmir ada beberapa ciri wirausaha yang berhasil, yaitu: Kepemimpinan, Inovasi, Cara pengambilan  keputusan, Sikap tanggap terhadap perubahan, Bekerja ekonomis dan efisien, Visi masa depan, Sikap terhadap resiko.